Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 6, No 2 (2020): May 2020

Analisis Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Pembelajaran Quantum

Heni Novitasari (IKIP PGRI Bojonegoro)
Sutrimah Sutrimah (IKIP PGRI Bojonegoro)
Cahyo Hasanudin ((Scopus ID: 57205056590), IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk teks drama yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia pada pembelajaran quantum. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan jumlah subjek 28 siswa. Dari 28 siswa kemudian peneliti mengambil 5 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks dramanya sesuai dengan indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis yang dimulai dari 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks drama yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia sudah mengacu pada struktur teks drama sesuai dengan teori Kosasih dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran quantum sangat tepat diterapkan pada pembelajaran. Pembelajaran quantum melatih otak kanan dan kiri untuk berpikir kreatif dan mempunyai pengetahuan yang luas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...