Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11, No 01 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Technology Acceptance Model (TAM) pada Pembelajaran Online Mahasiswa PPG di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Hariman Surya Siregar (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Dadan F Ramdhan (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Supiana Supiana (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Hamdan Sugilar (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Technology acceptance modelĀ (TAM) pada pembelajaran online mahasiswa PPG di PTKIN. Parameter TAM yang digunakan terdiri dari percieved ease of use dan percieved usefulness sebagai variable bebas dan behavioral intention of use dan actual system use sebagai variabel terikat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur pengaruh percieved ease of use dan percieved usefulness terhadap dan behavioral intention of use dan actual system use dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan kuisioner Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PPG PAI Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling dengan memilih tiga PTKIN UIN Mataram Nusa Tenggara Barat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh yang signifikan percieved ease of use terhadap behavioral intention of use dan actual system use. Ada pengaruh yang signifikan percieved usefulness terhadap actual system use. Hampir seluruhnya menyatakan bahwa aplikasi Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik (SPACE) semua menu/ fitur/ fungsi yang disediakan aplikasi SPACE sudah lengkap dan memenuhi kebutuhan proses pembelajaran, bermanfaat untuk membantu peningkatan kompetensi guru selama PPG Daring, mahasiswa tetap menggunakan aplikas SPACE PPG daring online

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam - EI: adalah peer review jurnal nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor pada program studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini berfokus pada isu-isu pendidikan Islam. Kami mengundang ilmuwan, peneliti, serta ...