Tujuan Penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu tema 8 dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SDN 16 Pandai Sikek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus,siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksankan 1 kali peretmuan. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 16 Pandai Sikek. Untuk mengetahui keberhasilan RPP, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar diperoleh dengan lembar observasi,lembaran tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 79,16% (C) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata pelaksanaan hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 81,94% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% (SB). Pada aspek peserta didik didapat rata-rat siklus I adalah 79,16%(C), meningakat pada siklus II menjadi 91,66% (SB). Pada hasil belajar peserta didik rata-rata pada siklus I yakni 76 (C) meningkat pada siklus II menjadi 90 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V.
Copyrights © 2022