Perikanan tangkap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk tujuan memanfaatkan sumberdaya ikan yang mempunyai nilai ekonomi dengan menggunakan teknologi, baik yang sederhana maupun yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran perikanan tangkap dan untuk mengetahui pengaruh musim barat, musim timur, dan perayaan Maulid Nabi terhadap saluran pemasaran di desa Kuala Bubon Kecamatan Samatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis produksi. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: saluran pemasaran I nelayan-toke bangku-muge/pengecer-konsumen; saluran pemasaran II nelayan-toke bangku-konsumen; dan saluran pemasaran III toke bangku-konsumen. Adapun beberapa musim yang mempengaruhi perikanan tangkap di Desa Kuala Bubon Kecamatan Samatiga yaitu: musim barat, musim timur, dan musim perayaan Maulid. Ketiga musim ini sangat berpengaruh terhadap saluran pemasaran di Desa Kuala Bubon Kecamatan samatiga karena pada masing-masing musim terdapat beberapa saluran pemasaran yang berbeda dan di masing-masing musim tersebut terdapat jumlah yang lebih dan kurangnya pasokan hasil tangkapan serta harga hasil tangkapan.
Copyrights © 2022