FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 8, No 1 (2022): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “MaTriG” DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 DI SMP

Shinta Permastasari (Universitas Negeri Semarang)
Mohammad Asikin (Unknown)
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi) (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Ketika teknologi diintegrasikan dengan pembelajaran melalui peangkan mobile dan smartphoone, penggunaan game edukasi memainkan peranan penting dalam konteks pendidikan adalah salasatu bentuk inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah game edukasi “MaTriG” dengan menggunakan software construct 3 yang efektif dan praktis. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru matematika, dan siswa MTs Al Azhar 29 Semarang. Game edukasi MaTriG ini bergenre platform game, dan aspek edukasi dari game ini mengandung materi matematika. Salah satunya adalah sistem dua variabel persamaan linier kelas VIII. Hasil evaluasi oleh lima verifikator mencapai skor rata-rata 87,8%, dan hasil reaksi siswa dan guru terhadap game edukasi “MaTriG” mencapai skor rata-rata 92,7%. Game pembelajaran “MaTriG” efektif dan praktis karena memiliki jumlah poin yang banyak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...