FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 8, No 1 (2022): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH MICROTEACHING DI MASA PANDEMI COVID 19

Gusni Satriawati (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Afidah Mas'ud (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Gelar Dwirahayu (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Jarnawi Afgani Dahlan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Endang Cahya (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Mata kuliah Microteaching merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa pada program studi pendidikan matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam membuat rencana pembelajaran dan sekaligus mengimplementasikannya di dalam kelas.  Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 dimana kegiatan pembelajaran masih terkena dampak pandemi covid 19. Oleh karena itu, dalam merencanakan pembelajaran mahasiswa harus memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru matematika dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan simulasi pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksplorasi deskriptif.  Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester tujuh sebanyak 17 orang. Terdiri dari  1 orang laki-laki dan 16 orang perempuan .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga indikator dari TPACK yaitu :  1) Pedagogical Knowledge , 2) Content Knowledge mahasiswa  dan 3) Technologocal Knowledge mahasiswa cukup baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan matematika sudah memiliki kemampuan TPACK pada kategori cukup baik dalam hal penyusunan rencana pembelajaran dan pelaksananaan pembelajaran  yang mengintegrasikan antara teori pembelajaran/strategi pembelajaran, materi dan teknologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...