Menara Ilmu
Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022

ANALISIS KEAKURATAN MOVING AVERAGE CONVERGENCE DIVERGENCE DAN STOCHOSTIC OSCILLATOR PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Yefri Reswita (Unknown)
Nanda Nanda (Unknown)
Yola Rahmadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keakuratan metode Moving Average Convergence Divergence (MACD) dan Stochostic Oscillator (S0) dalam menentukan sinyal membeli dan menjual. Sinyal membeli dan menjual didapatkan dari perpotongan garis MACD dan Stochostic Oscillator dengan format standar. Konsep pada penelitian ini adalah : 1) membandingkan rata-rata return antara MACD dan BHAR per sub periode. 2) membandingkan rata-rata return antara SO dan BHAR. 3) membandingkan kinerja antara MACD dan BHAR mana yang lebih akurat. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2021. Teknik pengumpulan sampel ini menggunakan purposive Sampling, berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, diperoleh 5 perusahaan yang dapat dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, normalitas, Independent sample Test dan Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan disaat pasar sedang stabil sebaiknya kita berinvestasi atau BHAR, sebaliknya jika disaat pasar sedang krisis sebaiknya menggunakan analisis teknikal MACD Kata Kunci : Analisis Teknikal, Moving Average Convergence Divergence, Stochostic Oscillator, Buy And Hold Strategy, Sinyal membeli dan menjual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...