Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas melakukan shalat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa kelas IV SDN 18 V Koto Timur kabupaten Padang Pariaman,tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 18 V Koto Timur tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 10 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan melakukan shalat wajib pada siswa Kelas IV SDN 18 V Koto Timur tahun pelajaran 2020/2021. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek praktek shalat (nilai rata-rata siklus I yaitu 3,15 naik pada siklus II menjadi 3,70 dari kategori baik menjadi amat baik). Nilai hasil belajar siswa meningkat darai kondisi awal nilai rata-rata 64,7 meningkat pada siklus I menjadi 77,41 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,50. Kata kunci : Hasil Belajar. Aktivitas melakukan shalat wajib, Strategi modelling the way
Copyrights © 2022