Menara Ilmu
Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020)

Immu Puteri Sari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Fitri Yulianis (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Indah Nurul Ilmi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Opini Audit dan Umur Perusahaan terhadap Audit Delay baiks ecara parsial maupun simultan terhadap Audit Delay pada perusahaan propertidan real estate pada tahun 2018-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 15 perusahaan dari perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2018-2020, sehingga data penelitian yang dianalisis berjumlah 45. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ukuran Perusahaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Audit Delay, (2) Profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap Audit Delay, (3) Opini Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, (4) Umur Perusahaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Audit Delay, (5) Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Opini Audit, dan Umur Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap Audit Delay. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Opini Audit, Umur Perusahaan, Audit Delay.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...