Perkembangan game yang ada di indonesia telah memunculkan beberapa genre game baru yang saat ini banyak dimainkan oleh anak-anak akan tetapi belum banyak game yang memberikan pengetahuan tentang karakter pahlawan dari tokoh pewayangan Indonesia. Banyak game yang hanya mementingkan kesenangan Player sehingga cenderung tidak memberikan edukasi. Maka dari itu perlu sebuah game yang bertujuan untuk untuk melatih kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah, menambah wawasan mengenai tokoh perwayangan yang ada Indonesia khusunya tokoh Arjuna, melatih kreativitas dan pengendalian emosi pada saat melawan monster yang sulit, serta membentuk sifat optimis dan pantang menyerah saat menyelesaikan semua level pada game. Pada penelitian ini penulis mengusulkan pembuatan game dengan konsep Role Playing Game (RPG) untuk anak usia 8 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa 72,7% game The Legend Of Archer berhasil menarik minat anak usia 8 tahun untuk memainkan karakter perwayangan.Perkembangan game yang ada di indonesia telah memunculkan beberapa genre game baru yang saat ini banyak dimainkan oleh anak-anak akan tetapi belum banyak game yang memberikan pengetahuan tentang karakter pahlawan dari tokoh pewayangan Indonesia. Banyak game yang hanya mementingkan kesenangan Player sehingga cenderung tidak memberikan edukasi. Maka dari itu perlu sebuah game yang bertujuan untuk untuk melatih kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah, menambah wawasan mengenai tokoh perwayangan yang ada Indonesia khusunya tokoh Arjuna, melatih kreativitas dan pengendalian emosi pada saat melawan monster yang sulit, serta membentuk sifat optimis dan pantang menyerah saat menyelesaikan semua level pada game. Pada penelitian ini penulis mengusulkan pembuatan game dengan konsep Role Playing Game (RPG) untuk anak usia 8 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa 72,7% game The Legend Of Archer berhasil menarik minat anak usia 8 tahun untuk memainkan karakter perwayangan.
Copyrights © 2022