Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kelas VII SMP Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa

Urip Santoso (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Arie Purwanto (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat mempermudah guru untuk membuat suatu media pembelajaran pada mata pembelajaran yang memiliki kesulitan dalam hal penyampaian materi. Salah satu mata pembelajaran yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran adalah mata pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dimulai dari (1) analisis tahap ini melakukan observasi lapangan dan menentukan materi; (2) desain tahap ini membuat flowchart dan storyboard; (3) pengembangan tahap ini membuat produk, Menyusun angket, dan validasi ahli; (4) implementasi tahap ini produk sudah divalidasi ahli; (5) tahap ini melakukan analisis data hasil angket. Penelitian ini menghasilkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifitasan media pembelajaran berbasis Android terhadap minat belajar, mata pembelajaran matematika. Kepraktisan dan keefektifitasan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu keberhasilan dalam usaha dari system yang direncanakan untuk melibatkan siswa secara aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Hasil uji tes menyatakan bahawa terdapat kepraktisan dan keefektifitasan pengguna media pembelajaran berbasis android dengan perubahan minat belajar yang di dapat siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...