Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman

Atika Riani (Universitas PGRI Palembang)
Maharani Oktavia (Universitas PGRI Palembang)
Aldora Pratama (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan multimedia berupa power point interaktif pada pembelajaran tema 7 pada siswa kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) Model penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Payaraman tahun ajaran 2022. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, validasi bahasa, validasi materi dan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yaitu validator media rata-rata mendapatkan skor 3,68, validator materi rata-rata mendapatkan skor 3,63, validator bahasa mendapatkan skor 3,62. Kepraktisan media didapatkan dari hasil pretest dan posttest siswa rata-rata mendapatkan skor 83,85%. Dengan demikian multimedia power point interaktif dinyatakan valid dan praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...