Permasalahan rendahnya minat dan prestasi belajarnya siswa dapat diatasi dengan menciptakan suatu inovasi pembelajaran baik itu berupa strategi ataupun metode. Salah satu usaha yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan multimedia pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis animasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi perbandingan yang memiliki kualitas baik dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sempor. Instrumen penelitian yang digunakan adalah multimedia pembelajaran berbasis animasi, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respons siswa, dan soal pretest dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Produk pengembangan multimedia pembelajaran berbasis animasi mendapatkan kriteria “valid” pada aspek media, dan mendapatkan kriteria “valid” pada aspek materi, dengan demikian produk multimedia pembelajaran animasi dinyatakan valid oleh validator ahli materi dan ahli media, (2) Produk multimedia pembelajaran animasi mendapatkan respon “sangat valid” dari hasil uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, sehingga produk multimedia pembelajaran animasi ini memenuhi kriteria praktis, (3) Produk multimedia pembelajaran berbasis animasi efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa karena peningkatan nilai pre-test dan post-test dari kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil ini menyimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis animasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dinyatakan layak digunakan.
Copyrights © 2022