Journal of Office Administration : Education and Practice
Vol 2 No 1 (2022): May

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya

Ratih Octaviana Puspitasari (Universitas Negeri Surabaya)
Siti Sri Wulandari (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya. Penelitian ini mengggunakan quasi experimental design dengan two group randomized posttest only control design. Sampel penelitian dalam penlitian ini adalah kelas XI OTKP 2 dan XI OTKP3 sejumlah 68 siswa. Teknik pengambilan datanya dalam bentuk wawancara secara langsung, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah tes uji sampel independen. Sesuai hasil uji coba penelitian ini diperoleh thitung sebesar 2,802 serta taraf signifikasi sebesar 0,007. Dengan taraf kepercayaan 95% dan nilai α = 0,05 (df) 66, sehingga diperoleh besar ttabel sebesar 2,652. Dapat disimpulkan thitung 2,802 > ttabel 2,652, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKWU) kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Office Administration: Education and Practice, published in May, August, and November, is a peer-reviewed journal that is managed by the Department of Education of Office Administration, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya. This Journal aims to help researchers publish their ...