Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai

Ice Wirevenska (STKIP Budidaya Binjai)
Khairina afni (Unknown)
Mardiati Mardiati (Unknown)
Monica Valentine Br Panggabean (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) di kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest-posttest control grup desain. Populasi sebanyak seluruh kelas X dan sampel 2 kelas yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dua sampel independent dan uji analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisi data diperoleh hasil bahwa terdapat perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata Posttest eksperimen 1 sebesar 81,78 dan eksperimen 2 sebesar 81,10.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...