Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa sekolah menengah pertama mengapresisasi puisi melalui strategi strata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data kualitatif. Data terdiri atas data perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang bersumber dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumentasi, dan wawancara dalam dua siklus. Data yang diperoleh ditelaah dan direduksi berdasarkan masalah diikuti penyajian data dan diakhiri suatu penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar yang dicapai pada siklus pertama pada pemeriksa pertama yaitu 81,05 sedangkan pada pemeriksa kedua 78,53. Hasil nilai siklus pertama ini masih ada lima orang siswa mendapatkan nilai yang tidak memenuhi KKM. Pada siklus kedua, nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai, yaitu pemeriksa pertama 89,44, sedangkan pada pemeriksa kedua, yaitu 89,35. Pada siklus kedua semua siswa mendapatkan nilai memenuhi standar KKM.
Copyrights © 2021