cover
Contact Name
Nurul Aswar
Contact Email
nurulaswar@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282292123465
Journal Mail Official
jurnalkonsepsi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Balandai, Kota Palopo Sulawesi Selatan, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konsepsi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014059     EISSN : 27985121     DOI : -
Core Subject : Education,
URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora.
Articles 148 Documents
Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City Dodi Ilham
Jurnal Konsepsi Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.238 KB)

Abstract

This study aims to determine how the bride and groom course in KUA Bara Subdistrict, Including the values of local wisdom in implementing the bride and groom course, and inhibiting factors and supporting local wisdom values. This research is research with a qualitative approach to field research. This research is located in KUA Kec. Palopo City Bara. This study's data sources are primary data sources (course participants for bride and groom), secondary data sources (KUA Bara Subdistrict files). Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The data analysis used was descriptive qualitative data analysis. The data obtained that the implementation of the course for the bride and groom in KUA Kec. Palopo City Bara is administratively by the General Director of Islamic Community Guidance Regulation on Candidate Bride Course Number DJ.II / 491 of 2009 dated December 10, 2009, although, in the process of implementing the bride and groom course, it is still not by the Regulation of the Director-General of Islamic Community Guidance of the Ministry of Religion Number DJ.II/542 of 2013 concerning Guidelines for the Implementation of Pre-Marriage Courses; The values of local wisdom are conveyed by the method of lectures and questions and answers between the resource person and the prospective bride and groom at KUA, Bara Subdistrict, Palopo City, with a focus on three values of local wisdom, namely aju tunung (wood/birth support), waju (clothes/honor), aju-aju (inner sustenance); Supporting Factors for the implementation of the bride and groom course at KUA Kec. Bara Kota Palopo is the resource persons' ability for the prospective bride and groom course to insert local wisdom values for the bride and groom's course material. The bride and groom are serious about receiving the bride and groom's course materials.
Kritik Budaya dalam Cerita Pendek Sepasang Pengantin Tak Berhias Karya Ernawati Rasyid : Tinjauan Elemen Semiologi Roland Barthes Hasnur Ruslan
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.079 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian semiotik karya sastra yang kerap menampilkan simbol dalam merangkai teks. Teks dapat dipahami dan dimaknai jika simbol berhasil dipecahkan. Esensinya karya sastra mengandung etika dan esttetika. Jika etikanya tak diungkap, tertinggal estetika teks belaka. Karya sastra yang hanya estetika gagal menjadi karya sastra yang merupakan alat pembelajaran. Cerita Pendek Sepasang Pengantin tak Berhias, karya Ernawati Rasyid sarat makna yang harus dipecahkan. Dari itu, elemen semiologi atau studi semiotika digunakan untuk menggunakan makna tersirat itu. Elemen semiology Roland Barther menjadi pisau analisis untuk menemukan kritik kebudayaan yang dituliskan Ernawati Rasyid dalam karyanya. Ernawati Rasyid mencoba mengingatkan kita bahwa telah terjadi bebalitas dalam kehidupan keseharian kita.
Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik Sukirman Sukirman
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.84 KB)

Abstract

Karya sastra adalah cabang seni yang diciptakan berdasarka ide, perasaan, dan pemikiran kreatif yang berkaitan unsur budaya diungkapkan melalui bahasa. Karya sastra sarat nilai-nilai pengalaman kehidupan, seperti nilai religius, nilai psikologis, nilai sosial kultural, dan nilai moral menjadi basis pengembangan pendidikan karakter dan sikap. Nilai-nilai tersebut diajarkan melalui model pembiasaan dengan melakukan apresiasi. Karya sastra dapat dijadikan media pendidikan untuk mengembangkan, mentransformasi, membentuk karakter, dan sikap peserta didik. Pembentukan karakter terwujud dalam aspek spiritual, aspek ilmu, aspek amal, dan aspek sosial. Selain itu, manfaat karya sastra dapat menjadi sarana rekreatif yang berdampak pada ketenangan jiwa (senang, damai, dan nyaman) serta mengurangi rasa jenuh dalam berlangsungnya pembelajaran. Dengan demikian, akan memberi pengaruh pembentukan karakter dan sikap ke arah positip yang bersifat humanistik.
Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia Karya W. S. Rendra Muhammad Dahlan
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.776 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang menjadi data pokok dalam penelitian, yaitu puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra dan data sekunder yaitu beberapa literatur yang mendukung data primer. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat beberapa peribahasa dalam puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra, beberapa diantaranya yaitu personifikasi, metafora, dan litotes. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra mengungkapkan di dalam setiap bait puisi sangat terlihat jelas pemilihan kata-katanya bernada sindiran terhadap sikap pemerintah dan aparat yang berwenang dalam menghadapi peristiwa tersebut. Sesungguhnya yang ingin disampaikan W.S. Rendra dalam sajaknya ‘Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia’ adalah sindiran dan perasaan miris terhadap kejadian pada bulan Mei 1998 yang menelan banyak korban ketika peristiwa itu terjadi. Di dalam puisinya, penyair ingin menuntut ketidakadilan yang perlu ditegakkan dalam kejadian yang menggemparkan tersebut. Selain mengungkapkan sindiran rintihan mahasiswa yang menjadi korban kepada pemerintah yang semena-mena W.S Rendra juga menyampaikan inspirasinya melalui berbagai gaya bahasa yang digunakan dalam puisinya yang berjudul ‘Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia’.
Strategi Strata Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama Nurul Aswar
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.021 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa sekolah menengah pertama mengapresisasi puisi melalui strategi strata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data kualitatif. Data terdiri atas data perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang bersumber dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumentasi, dan wawancara dalam dua siklus. Data yang diperoleh ditelaah dan direduksi berdasarkan masalah diikuti penyajian data dan diakhiri suatu penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar yang dicapai pada siklus pertama pada pemeriksa pertama yaitu 81,05 sedangkan pada pemeriksa kedua 78,53. Hasil nilai siklus pertama ini masih ada lima orang siswa mendapatkan nilai yang tidak memenuhi KKM. Pada siklus kedua, nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai, yaitu pemeriksa pertama 89,44, sedangkan pada pemeriksa kedua, yaitu 89,35. Pada siklus kedua semua siswa mendapatkan nilai memenuhi standar KKM.
Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning Fadly Akbar; Sulkifli Sulkifli
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.231 KB)

Abstract

This study aims to determine the integration of character values in junior high school students' writing learning. This research is a descriptive study. The subjects of this study were 35 grade VII students. The data was collected using test results of learning and observation results. The collected data were analyzed using qualitative analysis. The results of the qualitative analysis show the integration of the values of character education, namely the values of responsibility, discipline, honesty, self-confidence, courtesy, hard work, cooperation, respect, meticulousness and meticulousness, which are embedded in the learning of Indonesian for Class VII students of SMP Negeri 2. Bulukumba.
Urgensi Pendekatan Psikologis dalam Pembelajaran yang Efektif : Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara Basruddin Basruddin
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.843 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas urgensi pendekatan psikologis dalam pembelajaran yang efektif (Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara). Teknik pengumpulan data penelitian, yakni observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik interpretatif, dedangkan untuk nilai menganalisis nilai siswa digunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan psikologis di SD Negeri 2 Rante Baru meningkatkan motivasi belajar siswa. siswa mempunyai inisiatif yang diaplikasikan melalui skill pembelajaran. Pendekatan psikologis memberikan kontribusi yang positif terhadap kemampuan kognitif dan apektif siswa terkhusus pada proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif. Suasana pembelajaran tidak monoton dan siswa akan merasa nyaman dalam belajar, dan tujuan pembelajaran pun tercapai dengan maksimal.
Efektivitas Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Baebunta Citra Dewi
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.659 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya komunikasi dalam proses pembelajaran mata pelajaran pada SMP Negeri 2 Baebunta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu guru sebanyak 14 orang dan siswa sebanyak 209 otrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan angket. Peneliti menggabung beberapa macam teknik analisis data. data kuantitatif dianalisis statistik. Untuk data kualitatif dengan cara diklasifikasikan dalam bentuk kelompok terarah dan menjadi fakta akurat. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses interaksi atau komunikasi antara guru dan murid di SMP Negeri 2 Baebunta memadukan berbagai macam metode dalam aktivitas mengajarnya sehingga tercipta suasana edukatif produktif. Hal ini terlihat di mana siswa telah terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar.
Strategi Pemetaan Konsep terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 3 Sabbang Kabupaten Luwu utara Haider Haider
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.31 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh strategi pemetaan konsep terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Sabbang. Pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel ini sejauh mana pengaruh penerapan pengajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII SMPN 3 Sabbang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk menjawab permasalahan dan membuktikan hipotesis, penulis melakukan penelitian berupa tindakan kelas, yaitu melakukan pengajaran dengan metode peta konsep dan mengambil sampel dengan cara Cluster Random Sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik library research, field research, wawancara dan menyebarkan pertanyaan berupa angket. Untuk mengetahui prestasi siswa dilakukan tes prestasi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan tes prestasi dianalisis secara deskriptif, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata=8.40, dengan standar deviasi = 1.42 dengan skor tertinggi =10, skor terendah = 5, untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata= 7.78, dengan standar deviasi = 1.51, skor tertinggi = 10, dan skor terendah = 5, kemudian dianalisis secara inperensial, untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dengan nilai t hit = 2.92 lebih besar dari 1.68. ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan ini hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pemetaan konsep berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMPN 3 Sabbang.
Analisis Efektivitas Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 31 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara Diana Sari
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.068 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode mengajar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 031 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh civitas akademika SDN No.31 Tarobok Kec. Baebunta. Dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 92 orang. Pengumpulan data yang penulis gunakan ada dua cara, yakni library research dan field research melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa data kualitatif dianalisis menggunakan metode dedukatif - induktif , sedangkan data kuantitatif dianalisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas metode mengajar bervariasi terhadap hasil belajar siswa SDN 031 Tarobok pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dengan terlibatnya siswa secara aktif dan efektif pada pembelajaran.

Page 1 of 15 | Total Record : 148