Penelitian ini bertujuan membahas urgensi pendekatan psikologis dalam pembelajaran yang efektif (Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara). Teknik pengumpulan data penelitian, yakni observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik interpretatif, dedangkan untuk nilai menganalisis nilai siswa digunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan psikologis di SD Negeri 2 Rante Baru meningkatkan motivasi belajar siswa. siswa mempunyai inisiatif yang diaplikasikan melalui skill pembelajaran. Pendekatan psikologis memberikan kontribusi yang positif terhadap kemampuan kognitif dan apektif siswa terkhusus pada proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif. Suasana pembelajaran tidak monoton dan siswa akan merasa nyaman dalam belajar, dan tujuan pembelajaran pun tercapai dengan maksimal.
Copyrights © 2018