Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI PENGKOL JEPARA

Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Arief Budiman (Universitas PGRI Semarang)
Ariestika Damayani (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada Bapak Rizky Aulia, S.Pd., Guru Bahasa Inggris kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara , beliau mengatakan bahwa pembelajaran daring menggunakan media online memiliki pengaruh terhadap keefektifitasan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Fokus Penelitian ini adalah apakah pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara sudah berjalan efektif? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Bahasa Inggris Kelas IV, Orang tua dan siswa kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi. Wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media online pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri Pengkol berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dari pencapaian keefektifan pembelajaran yaitu 1) Daftar nilai yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang diatas KKM 2) RPP dan Silabus berhasil di implementasikan dalah kegiatan belajar mengajar 3) Metode,Model dan Pendekatan yang berhasil diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar 4) Media Pembelajaran berupa video yang bersumber dari Youtube berhasil membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Innggris sebaiknya peserta didik mulai berdaptasi dengan proses pembelajaran daring, peserta didik mulai beradaptasi belajar menggunakan smartphone atau laptop untuk proses belajar mengajar dan mulai beradaptasi dengan materi pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan guru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...