cover
Contact Name
Mochamad Rizqi Adhi Pratama
Contact Email
rizqi.adhi@unw.ac.id
Phone
+628976267469
Journal Mail Official
mochamadrizqi89@gmail.com
Editorial Address
Gedung M Lt. 2, Kampus Universitas Ngudi Waluyo, Jalan Diponegoro No. 186, Ungaran, Kabupaten Semarang
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 27749193     DOI : -
Core Subject : Education,
PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We welcome mainly research-based articles concerned with education, language, and literature. The submitted manuscripts should be in English or Bahasa Indonesia (Abstract should be written in English).
Articles 43 Documents
PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA TERKAIT PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MELALUI 3R Nia Nailil Muna; Nuhyal Ulia; Rida Fironika Kusumadewi
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.334 KB)

Abstract

Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang sadar dan peduli terhadap lingkungan. SD Negeri Bandungrejo 01 merupakan sekolah dasar di kabupaten Demak yang termasuk sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten. Tujuan terbentuknya pelaksanaan pengelolaan sampah 3R ini diharapkan peserta didik mampu memanfaatkan kembali sampah yang sudah tidak terpakai dan peserta didik mampu meminimalisir sampah plastik baik di lingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah. Selain itu, dapat membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik demi generasi sekarang maupun yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan program Adiwiyata terkait pengelolaan sampah 3R. Teknik menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata terkait pengelolaan sampah 3R kepada peserta didik meliputi Reduce menerapkan kepada peserta didik untuk dapat mengurangi sampah, Reause penggunaan kembali sampah yang tidak terpakai untuk dijadikan sebagai barang yang berguna dan dapat dipakai kembali, Recycle mengelola sampah untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan.Kata Kunci: Program Adiwiyata, Pelaksanaan, Sampah 3R
SEMIOTIC ANALYSIS "THE OLD MAN AND THE SEA" BY EARNEST HEMINGWAY Salsa Billa Fauziah Tamami; Endang Susilowati
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (943.525 KB)

Abstract

This paper analyzed the novella entitled The Old Man and The Sea the work of Ernest Hemingway to find the meaning stored in the sign contained in the work by using semiotic theory which is a study of linguistic methods that only focuses on the meaning contained in the sign or symbol. With the theory used in Hemingway's literary work novella, several symbols were found, such as the symbol contained in the character Santiago himself, then the meaning contained in the number 84 symbol in the novella, then the meaning contained in the Marlin Fish symbol, and finally meaning stored in the symbol of the Shark that attacked Santiago's ship when he was about to return to the coast after spending days drifting in the middle of the sea with the big Marlin fish he caught.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI PENGKOL JEPARA Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono; Muhammad Arief Budiman; Ariestika Damayani
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.054 KB)

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada Bapak Rizky Aulia, S.Pd., Guru Bahasa Inggris kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara , beliau mengatakan bahwa pembelajaran daring menggunakan media online memiliki pengaruh terhadap keefektifitasan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Fokus Penelitian ini adalah apakah pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara sudah berjalan efektif? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Bahasa Inggris Kelas IV, Orang tua dan siswa kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi. Wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media online pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri Pengkol berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dari pencapaian keefektifan pembelajaran yaitu 1) Daftar nilai yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang diatas KKM 2) RPP dan Silabus berhasil di implementasikan dalah kegiatan belajar mengajar 3) Metode,Model dan Pendekatan yang berhasil diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar 4) Media Pembelajaran berupa video yang bersumber dari Youtube berhasil membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Innggris sebaiknya peserta didik mulai berdaptasi dengan proses pembelajaran daring, peserta didik mulai beradaptasi belajar menggunakan smartphone atau laptop untuk proses belajar mengajar dan mulai beradaptasi dengan materi pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan guru
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SD NEGERI 2 BUGEL KABUPATEN GROBOGAN Hanik Farida Isnaini
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.492 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dalam bentuk soal cerita dan nilai hasil belajar yang rendah siswa pada materi operasi hitung perkalian. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi operasi hitung perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kesulitan siswa dalam mengerjakan soal dilihat dari kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi hitung perkalian. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas III dan guru kelas III. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi serta soal pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III yang berjumlah 9 siswa dari 12 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang terjadi di kelas III SD Negeri 2 Bugel Kabupaten Grobogan meliputi kesulitan memahami masalah, kesulitan dalam merencanakan pemecahan, kesulitan dalam melaksanakan rencana, dan kesulitan memeriksa kembali atau menarik kesimpulan.Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah Matematika, Operasi Hitung Perkalian
WACANA IKLAN KESEHATAN DI TV INDOSIAR SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PELAJARAN MENULIS IKLAN KELAS VIII SMP Muhammad Rizqon Hilmi
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.045 KB)

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang analisis buku teks bahasa Indonesia kelas VIII SMP, ditemukan contoh teks iklan yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa SMP dan belum bervariatif sehingga membuat siswa sulit mengungkapkan idenya dalam bentuk tulisan yang berwujud teks iklan. Dari alasan tersebut, peneliti mengadakan penelitian wacana iklan kesehatan di TV Indosiar sebagai alternatif materi pelajaran menulis iklan kelas VIII SMP. Rumusan masalah penelitian adalah : 1). Bagaimanakah wujud wacana iklan kesehatan di TV Indosiar sebagai alternatif materi pelajaran menulis iklan kelas VIII SMP? 2). Dapatkah wacana iklan kesehatan di TV Indosiar dijadikan sebagai alternatif materi pelajaran menulis iklan kelas VIII SMP? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan wujud wacana iklan kesehatan di TV Indosiar sebagai alternatif materi pelajaran menulis iklan kelas VIII SMP. 2). Mendeskripsikan dapat atau tidaknya wacana iklan kesehatan di TV Indosiar dijadikan sebagai alternatif materi pelajaran menulis iklan kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa iklan kesehatan di TV indosiar. Data penelitian berupa iklan obat-obatan di TV Indosiar seperti; Iklan Fungiderm, (Obat Gatal karena Jamur), Tolak Angin, (Obat batuk Herbal), Oskadon, (Obat Sakit Kepala), Bodrex, (Obat Flu dan Demam), serta Bintang Tujuh, (Obat sakit Panas Dalam), Teknik penyediaan data dilakukan dengan cara menyimak langsung tayangan iklan obat-obatan pada Teve Indosiar. Untuk memudahkan penyimakan dilakukan perekaman data. Teknik ini memungkinkan peneliti dapat melakukan pendataan secara focus, dan teliti, karena penyimakan dapat dilakukan berulang-ulang sesuai kebutuhan. Bersamaan dengan teknik penyimakan ini adalah teknik transkripsi data. Artinya ketika proses menyimak berlangsung, peneliti sekaligus melakukan transkripsi data. Pengolahan data diawali dengan kegiatan mengklasifikasikan data. Karena datanya berupa fenomena bahasa, klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua iklan menggunakan wacana persuasif, tetapi ada juga yang menggunakan wacana ekspositorik.Kata Kunci: wacana, iklan, iklan kesehatan, menulis iklan, alternatif materi pelajaran
KEEFEKTIFAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTU PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS DALAM PENANAMAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI Tinarti Tinarti; Iin Purnamasari; Arri Handayani
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.75 KB)

Abstract

Anak usia dini harus diupayakan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik dimasa mendatang. Guru TK hendaklah mampu meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan anak salah satunya adalah dalam berbahasa. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih ada anak yang  mengalami kesulitan perkembangan Bahasa. Adanya kenyataan tersebut, maka diperlukan suatu strategi belajar yang baru. STEAM adalah metode yang menekankan pada pembelajaran aktif dan mampu merangsang anak-anak untuk memecahkan masalah. Anak dilatih untuk fokus pada solusi, membangun logika dan sistematis cara berpikir dan meningkatkan pemikiran kritis mereka. Experiential Learning adalah suatu model ini,pembelajaran dimana siswa tidak hanya belajar tentang konsep materi belaka, hal ini dikarenakan siswa dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran untuk dijadikan sebagai suatu pengalaman. Sehingga akan memudahakan anak untuk bisa mendeskripsikan apa yang telah mereka pelajari secara nyata. Karena hal itulah peneliti tertarik untuk meneliti apakah metode eksperential learning berbantu STEAM efektif dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Merpati Menjangan Kecamatan Subah Kabupaten Batang pada semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021. Data diperoleh dari siswa kelompok A yang berjumlah 20 anak dan 1 orang Guru.Data kemudian dianalisis dengan SPPS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperential leraning terbukti efektif dalam meningkat kan kemampuan bahasa ekspresif anak.Kata Kunci: Eksperential Learning, STEAM, Bahasa Ekspresif, Anak Usia Dini
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN REJOSARI 03 SEMARANG Nur Azimatul Khusnah; Henry Januar Saputra; Singgih Adhi Prasetyo
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.927 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimasa pandemi guru belum menggunakan aplikasi yang mampu berinteraksi langsung dengan siswa, sehingga siswa kurang paham akan materi yang diberikan guru saat pembelajaran dan menyebabkan nilai siswa dibawah Ketuntasan Kriteria Maksimum Belajar(KKM).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Pemilihan Metode yang digunakan desain one grup pretest-posttest design dengan Populasi penelitian siswa kelas IVA SDN Rejosari 03 Semarang. Data yang diperoleh melalui test (pretest dan postest), wawancara dan documentasi. Diperoleh nilai pretest rata-rata 61 dan nilai rata-rata posttest 80. Uji t Pretest-postest dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh thitung = 6,035 > ttabel = 2,0129 dengan taraf signifikan sebesar 5%. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Pengaruh Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK TUNAS MEKAR II PINGIT KECAMATAN PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Nur Rahmawati
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.842 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Tunas Mekar II Pingit. Penelitian ini dilakukan karena peneliti melihat kemampuan motorik halus pada anak yang belum sesuai harapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelas B TK Tunas Mekar II Pingit Kecamatan Pringsurat melalui penerapan metode demonstrasi. Sedang Manfaat yang akan diperoleh yaitu Anak-anak akan lebih aktif, kreatif, merasa senang dan kemampuan motorik halus dapat berkembang secara optimal seiring dengan tugas perkembangan yang diharapkan, Guru akan memperoleh sejumlah pengalaman baru, wawasan yang lebih mendalam tentang metode demonstrasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus yang dimiliki anak, serta sebagai salah satu rujukan yang tepat bagi guru apabila kelak dikemudian hari mempunyai kesulitan yang serupa atau hampir sama,bagi orang tua Sebagai tambahan wawasan baru bagi orang tua bagaimana cara membantu guru dalam mengatasi masalah yang terjadi serta membantu guru dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada diri anak dan bagi peneliti sendiri untuk mengetahui cara menerapkan praktik langsung untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dengan penerapan metode demonstrasi pada anak. Dalam Penelitian ini menggunakan metode Observasi dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik halus anak. Sedang metode dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan maupun hasil kegiatan siswa. Pada saat dilaksanakan pengamatan dengan metode demontrasi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus TK Tunas Mekar II Pingit dengan jumlah siswa 19 anak, Peneliti mencatat pada pra siklus yaitu 32 %. Maka dilakukan penelitian perbaikan, tujuanya untuk mengetahui peningkatan anak terhadap pengembangan motorik halus. Perbaikan dilakukan dengan PTK dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Pada pembelajaran siklus I dengan kegiatan melukis dengan benang dan finger painting dengan pewarna makanan.  Pada pembelajaran siklus II dengan kegiatan melukis dengan cat air dan finger painting dengan jenangan warna. Pada Siklus I mencapai 47 % dan Siklus II naik menjadi 79 %. Simpulan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tunas Mekar II Pingit.
THE COMPARISON BETWEEN THE MOVIE OF MULAN 1998 AND ITS REMAKE, MULAN 2020 (A COMPARATIVE LITERATURE STUDY) Irsya Syafinah; Endang Susilowati
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.043 KB)

Abstract

This paper title is The Comparison between The movie of Mulan 1998 and its remake,Mulan 2020. The objectives of this paper are to find out the similarities and the differencesin intrinsic elements of both literary works. This research used comparative theory toanalyze the reduction, addition, and modification. This research also used descriptivequalitative, data collected from the intrinsic elements of both movies. In collecting data,the researcher used description as the instrument to find out the reduction, addition,and modification of Mulan 1998 and Mulan 2020. In this research, the researcher foundthat there were several differences and similarities in intrinsic and extrinsic elements.Additionally, the researcher found that reduction, addition, and modification influencedthe change of some intrinsic elements in both movie versions.
TIME MANAGEMENT IN LEARNING ENGLISH DURING ONLINE CLASSES Ayu Addara Putri Damanik; Anne Lou Hendriks
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1603.382 KB)

Abstract

Learning online or online is the right choice, to minimize the spread of the corona virus 19. The Indonesian government through the Minister of Education and Culture announced that the learning process that had been carried out face-to-face in schools had shifted to learning done from home during the Covid 19 pandemic. But at that time students are expected to be able to organize themselves and become disciplined in online learning. This paper analyzed the importance of time management in learning English during online class. Research question included (1). Is managing time well important during online learning? (2). Does managing time well affect the success of students taking online class? (3). Do students need to keep practice their English even if online learning is implemented? This study is a qualitative research design, and the questionnaires were distributed online to students from different major via google form. There were 43 respondents in this study. According to the study’s findings, 90,7% Strongly Agree that having a good time management during online learning is important and 90,7% Strongly Agree that their time management skill need more improvement.Keywords: Covid 19; Learning English; Online class; Time management