Di kalangan masyarakat Indonesia banyak yang berpendapat bahwa untuk meraih hasil belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi. Namun , menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan hasil belajar siswa, terdapat faktor lain yang menentukan hasil belajar siswa, yaitu kecerdasan emosional (EQ).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Matematika materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Surabaya yang berjumlah 38 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket kecerdasan emosional dan lembar tes hasil belajar Matematika pada siswa kelasVIII G. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode skala likers, untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati), dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Hasil analisis menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan linier, dengan persamaan regresi 11.27747 + 0,88247X. Nilai Koefisien korelasi sebesar 0,938 dan nilai koefisien determinasi sebesar 87,984%, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu apabila siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Surabaya memiliki kecerdasan emosional tinggi maka siswa tersebut juga memiliki hasil belajar yang bagus.
Copyrights © 2019