cover
Contact Name
Dedy Juliandri Panjaitan
Contact Email
dedyjuliandri@gmail.com
Phone
+6281361141563
Journal Mail Official
Jurnal@pascaumnaw.ac.id
Editorial Address
Jalan Garu II No. 02 Medan, Kelurahan Harjosari I, Kecamaan Medan Amplas, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, 20147
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal MathEducation Nusantara
ISSN : 2614512X     EISSN : 26145138     DOI : https://doi.org/10.32696/jmn.v5i1.203
Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, pengembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, penelitian tindakan kelas, dll.
Articles 152 Documents
Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Lismawati Hasibuan; Saiful Bahri; Amanda Syahri Nasution; Agus Makmur
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 4, No 1 (2021): January 2021
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.926 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v4i1.127

Abstract

Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dengan Whatsapp Sinerjaya Sinerjaya; Awaludin Fitra
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 4, No 2 (2021): July 2021
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.991 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v4i2.152

Abstract

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Gusmira Gusmira; Haryati Ahda Nasution
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 5, No 1 (2022): January 2022
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.07 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v5i1.198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs PP Saifullah. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh dari pemberian tes soal kemampuan pemahaman konsep siswa agar dapat mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dialami siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada  15 orang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang dikategori rendah, ada 12 orang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang dikategori sedang, da nada 3 orang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang dikategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut memilki kemampuan pemahaman konsep yang berbeda dan termasuk dalam kata rendah.
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Ice Wirevenska; Sri Wahyuni
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 1, No 2 (2018): July 2018
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.863 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v1i2.27

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran problem posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan interaksi antara pembelajaran problem posing dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi ekperimen dengan desain kelas kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 27 Medan dengan sampel adalah siswa kelas VIII, yang berjumlah 87 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematik siswa dan tes kemampuan komunikasi matematik. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan ANAVA dua jalur.  Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa SMP Negeri 27 Medan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa
Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII G SMPN 3 Surabaya Sunardi Sunardi
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 1 (2019): January 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.802 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i1.52

Abstract

Di kalangan masyarakat Indonesia banyak yang berpendapat bahwa untuk meraih hasil belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi. Namun , menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan hasil belajar siswa, terdapat faktor lain yang menentukan hasil belajar siswa, yaitu kecerdasan emosional (EQ).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan positif  antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Matematika materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Surabaya yang berjumlah 38 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket kecerdasan emosional  dan lembar tes hasil belajar Matematika pada siswa kelasVIII G. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode skala likers,  untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati), dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Hasil analisis menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan linier, dengan persamaan regresi  11.27747 + 0,88247X. Nilai Koefisien korelasi sebesar 0,938 dan nilai koefisien determinasi sebesar 87,984%, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu apabila siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Surabaya memiliki kecerdasan emosional tinggi maka siswa tersebut juga memiliki hasil  belajar yang bagus.
Ekspolarasi Etnomatematika Pada Bagunan Candi Portibi Nursahadah Nursahadah
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 2, No 2 (2019): July 2019
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.313 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v2i2.80

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika masyarakat Portibi dengan jenis penelitian eksplorasi serta pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 5 orang  tokoh masyarakat yang berada disekitar wilayah Portibi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika pada masyarakat Portibi. Konsep-konsep matematika tersebut dapat kita lihat pada bangunan candiyang menggunakan konsep bangun datar dan geometri. Terbukti adanya konsep-konsep matematika yang terkandung dalam bangunan Candi Portibi yang terdiri dari  Candi Bahal I, BahaII dan Bahal III, semuanya mengunakan konsep matematika bangun  datar dan geometri. Hasil penelitian ini bisa dijadikan  alternatif pembelajaran matematika di luar kelas, dengan mengenalkankonsep-konsep matematika yang terdapat dalam kehidupan masyarakatterutama dalam bentuk bangunan seperti Candi , dan dapat dijadikan sebagai rujukan penyusuna soal pemecahan masalah matematika kontekstual
Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Tua Halomoan Harahap
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.233 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.98

Abstract

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Maple Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Syahriani Sirait; Anshari Putra
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.003 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi Maple terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah matematika ekonomi pada materi Fungi linier dalam ekonomi dan bisnis di semester V FKIP UNA. Pengambilan sampel total yaitu kelas  V Asebagaii kelasi eksperimeni dan kelas V Bsebagaii kelasi controll dimanai masing-masing kelasi berjumlahi 30 imahasiswa. Instrumen pre-test maupuni post-test berbentuki essay masing-masingi 5 isoal. Darii hasill analisisi datai iyang dilakukani rata-ratai nilaii yang diperolehi mahasiswa padai kelasi eksperimeni untuk ipre-test 78,666 dani 9,553 sedangkani untuk ipost-test 81,8333 dan 10,127. Untuki rata-ratai nilaii dari kelasi kontroli untuki ipre-test 71,8333 dan 10,462 sedangkani untuki ipost-test 74,666 dan 10,499. Darii ianalisis datai idengan menggunakani iuji  padai itaraf nyatai 0,05 diperolehi thitung = 0,353 dan ttabel 2,00. Ternyata thitung  ttabel maka H0 ditolaki idani isebaliknya Ha iditerima. Sehingga diperolehi isimpulan dimanai iterdapat pengaruhipenggunaan aplikasi Mapleiterhadap hasillbelajar mahasiswa padai imatakuliah matematikai ekonomi di semester V prodi pendidikan matematika FKIP UNA. Kata kunci: maple; fungsi linier
Penggunaan Pembelajaran ATI (Aptitude-Treatment-Interaction) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 10 Medan Juliana Silalahi
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 2 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.119 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i2.183

Abstract

Pemanfaatan Ethonomatika Permainan Engklek Dalam Pembelajaran Matematika Syaripuddin Syaripuddin
Jurnal MathEducation Nusantara Vol 3, No 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.206 KB) | DOI: 10.32696/jmn.v3i1.221

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil peningkatan kemampuan anak dan memahami suatu kegiatan permainan tradisional engklek (hopping) serta untuk dapat melakukan menyelesaikan suatu permasalahan. Metode yang digunakan adalah survey eksloratif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh melalui wawancara, pengamatan/observasi  langsung. Peneliti menemukan dalam permainan engklek terdapat unsur matematika seperti bangun datar, bilangan asli, bermanfaat untuk meningkatkan motorik kasar, serta untuk  melatih dan memahami karakter / sifat anak-anak di usia dini berupa  kedisiplinan, kebersamaan dan kejujuran

Page 1 of 16 | Total Record : 152