Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli

Permainan Tematik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

I Putu Panca Adi (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Made Satyawan (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Ni Putu Dwi Sucita Dartini (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Kesulitan dalam mengintegrasikan pembelajaran PJOK ke dalam tema dengan alasan belum mendapatkan sosialisasi dan pelatihan karena selama ini yang banyak mendapatkan pelatihan tentang adalah guru kelas dan terbatasnya contoh kegiatan PJOK dalam buku guru maupun buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permainan tematik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1 SD. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai 91,58 berada pada kategori sangat baik artinya produk layak digunakan dalam pembelajaran. Uji kelayakan produk menunjukkan adalah 96,25 (sangat baik), hasil ujicoba kelompok besar adalah 91,25 (sangat baik) dan (3) hasil uji lapangan adalah 92,12 (sangat baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk praktis dapat diterapkan dalam pembelajaran PJOK. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai t hitung 7,027 > 2,145 t-tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan  antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil belajar peserta didik lebih baik setelah pemberian permainan tematik. Maka, permainan tematik dalam Pembelajaran PJOK Kelas 1 Tema Kegemaranku layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...