Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli

Digital Choice Board Pada Topik Cerita Fiksi Berbasis Literasi Baca Tulis Untuk Siswa Kelas IV

Putu Windy Widadari (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Nyoman Jampel (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Kurangnya media yang mendukung literasi baca tulis terintegrasi membuat pembelajaran menjadi berfokus pada pemberian materi saja dan berdampak pada penurunan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan media digital choice board yang valid, praktis, dan efektif pada topik cerita fiksi berbasis literasi baca tulis kelas IV. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model AADIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 ahli media, dan 2 ahli materi serta subjek uji coba yaitu 1 guru dan 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dengan instrument penelitian berupa instrument ahli media dan ahli materi yang diajikan menggunakan skala likert. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ahli media sebesar 94% (sangat baik),  ahli materi sebesar 97,5% (sangat baik). Untuk respon guru sebesar 95,6% dan siswa sebesar 95% (sangat baik). sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan digital choice board pada topik cerita fiksi berbasis literasi baca tulis dinyatakan efektif dalam proses pembelajaran di kelas IV.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...