JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 3, No 1 (2019): June 2019

PENERAPAN MODEL LEVELS OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI TATA SURYA SMP

Annisa Nurjanah (Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia)
Taufik Ramlan Ramalis (Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadi Rusdiana (Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep Tata Surya setelah penerapan model Levels of Inquiry. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasy experiment dengan one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di salah satu SMP di Lembang, Jawa Barat.  Instrumen penguasaan konsep menggunakan soal tes uraian yang terdiri dari aspek kognitif memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4) yang saling berkesinambungan pada setiap butir soal. Berdasarkan analisis data uji hipotesis disimpulkan bahwa penerapan model Levels of Inquiry dapat meningkatkan penguasaan konsep pada materi Tata Surya dengan skor N-gain 0.48 yakni dalam kategori sedang. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...