JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 4, No 1 (2020): June 2020

IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 MUARO JAMBI

Febri Tia Aldila (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi)
Maria Marisa Matondang (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi)
Langgengyoga Wicaksono (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Muaro JAMBI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Muaro Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang berguna untuk pengolahan data adalah purposive sampling dimana data yang diolah adalah data kuantitatif. Selanjutnya data di analisis dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MIPA di SMAN 1 Muaro Jambi berada pada kategori baik (53,3%), kategori sangat baik (45,7%), dan kategori tidak baik (1,1%).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...