JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 4, No 1 (2020): June 2020

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 6 MUARO JAMBI

Wita Ardina Putri (Program Studi Pendidikan Fisika,Universitas Jambi)
Wella Meliza (Program Studi Pendidikan Fisika,Universitas Jambi)
Yuli Astuti (Program Studi Pendidikan Fisika,Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA N 6 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Dimana penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner atau yang biasa disebut dengan angket secara online kepada peserta didik. Setelah melakukan penyebaran angket dan memperoleh data yang diinginkan, selanjutnya peneliti mengelolah data menggunakan spss dengan teknik desktiprif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini kemudian dijelaskan melalui deskriptif kuantitatif dalam bentuk tabel yang terdiri dari presentase motivasi belajar peserta didik. Adapun perolehan presentase motivasi belajar fisika dari peserta didik kelas X di SMA N 6 Muaro Jambi yaitu 0% yang dapat dikatakan tidak baik, 5% cukup baik, 78,3 % baik, dan 16,7% sangat baik. Berdasarkan hasilĀ  prosentase motivasi belajar peserta didik di SMAN 6 Muaro Jambi, maka dapat dikatakan bahwa motivasi belajar peserta didik di SMAN 6 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran fisika sudah baik..

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...