Usaha meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran, pada intinya tertumpu pada suatu persoalan yaitu, bagaimana guru memberikan pembelajaran yang memungkinkan bagi siswa dalam pembelajaran yang efektif atau dapat hasil yang sesuai dengan tujuan. Untuk melaksanakan proses pembelajaran suatu materi, perlu dipikirkan media dan metode pembelajaran yang tepat yang dapat digunakan suatu strategi. Strategi merupakan suatu titik pandang dan arah berbuat yang diambil dalam rangka memilih metode pembelajaran yang tepat, yang selanjutnya mengarah pada yang lebih khusus, yaitu rencana, taktik dan latihan. Artikel ini membahas tentang: strategi guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII; keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII; dan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas VII. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII yaitu strategi yang cukup bagus, sebab dalam meningkatkan keaktifan belajar guru telah memulai dari diri sendiri. Sedangkan keaktifan siswa menunjukkan adanya keaktifan belajar yang cukup baik dengan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru. Selain itu penggunaan media pembelajaran dan pengelolaan kelas yang baik juga meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: strategi guru, keaktifan belajar
Copyrights © 2022