Jurnal Visual Ideas
Vol. 2 No. 1 (2022): Visualideas

Rancangan Kurikulum Sanggar Seni Rupa Anak Usia Dini

Cucu Retno Yuningsih (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Indonesia memiliki tiga jalur pendidikan yang meliputi jalur pendidikan formal, informal dan nonformal. Ketiganya saling mengisi dan melengkapi walapun memiliki perbedaan. Salah satu jalur pendidikan nonformal adalah sanggar seni. Artikel ini menjelaskan hasil penelitian tentang perancangan kurikulum sanggar seni rupa anak usia dini berbasis kurikulum spiral dan lock step. Metode penelitian  yang digunakan adalah kualitatif dengan mendiskripsikan analisis rancangan kurikulum sanggar menggunakan kurikulum spiral dan lock step. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya perbedaan kurikulum TK dengan Sanggar atau kurikulum formal dan non formal dalam bidang seni rupa.  Pembelajaran seni rupa divisualisasikan sebagai spiral ke atas dari konsep dasar hingga lanjutan, dengan topik yang ditinjau kembali pada tingkat kerumitan yang meningkat saat spiral berputar. Proses penguatan dalam pembelajaran adalah fitur kunci dari kurikulum spiral. Dengan demikian disimpulkan bahwa suatu lembaga harus memiliki kurikulum untuk memenuhi standarisasi, sehingga lembaga tersebut bisa memberikan pendidikan yang terstruktur dengan baik dan para pengajar memiliki pedoman pengajaran dan dituntut suatu lembaga untuk mencapai target dari materi-materi yang diberikan kepada murid-muridnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

visualideas

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ini berisi penelitian akademis, tinjauan pustaka dan metode desain yang erat kaitannya dengan desain komunikasi visual seperti periklanan, desain grafis, multimedia digital, fotografi, film dan ...