Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 17, No 1 (2022): ALIANSI : Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 KOTA TANGERANG

Gada Sembada (Sekolah Tinggi Manajemen IMMI)
Harries Madiistriyatno (Sekolah Tinggi Manajemen IMMI)
Suwarni Suwarni (Sekolah Tinggi Manajemen)
Witler Slamat Halomoan Silitonga (Sekolah Tinggi Manajemen IMMI)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. 2 Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia . 3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, berjenis deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, berjenis deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 910 siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Tangerang.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rumus Slovin. Dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka diambil sampel sebanyak 90 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Tangerang sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar, terbukti dari nilai thitung untuk variabel X1 (Metode Pembelajaran) sebesar 5.685, sedangkan nilai ttabel untuk n = 90 sebesar 1.987. Jadi 5.685 1.987, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran berpengaruh terhadap Hasil Belajar. 2) Terdapat pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar, terbukti nilai thitung untuk X2 (Gaya Belajar) sebesar 7.851, sedangkan ttabel untuk n = 90 sebesar 1.978. Jadi 7.851 1.978, disimpulkan bahwa Gaya Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar. 3) Terdapat pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar. terbukti dari ANOVA atau Ftest atau Fhitung di dapat nilai sebesar 92.690 dimana lebih besar dari Ftabel sebesar 2.71 atau 92.690 2.71 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 0,05, dikatakan Metode Pembelajaran (X1) dan Gaya Belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Hasil Belajar (Y). Sedangkan nilai R Square sebesar 0,681. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 68.1% Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap Hasil Belajar, sedangkan sisanya sebesar 31.9% berpengaruh dengan faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aliansi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis is dedicated to publishing scientific information, communication resources and perspectives by academics in Management and Business Economy. This journal published research article, reflection, and actual critical study with respect to the themes of ...