Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi)
Vol. 3 No. 1 (2022): Juli 2022

AN ANALYSIS OF METACOGNITIVE LEARNING STRATEGIES IN E-LEARNING

Henny Mardiah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi belajar metacognitive sebagai respon terhadap perkuliahan E-learning atau online learning selama masa pandemic covid-19. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 36 mahasiswa semester 6 jurusan Tadris Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kuesioner dan interview. Disebabkan masa dalam masa pandemic, maka kuesioner (terdiri dari sepuluh pertanyaan open-ended) dan interview dikirim melalui aplikasi belajar online (LMS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan sebagian besar strategi metakognitif dalam perkuliahan E-learning seperti strategi yang dikemukakan oleh O’ Malley and Chamot (1990), diantaranya, membahas materi perkuliahan, menyimak pada saat berlangsungnya perkuliahan, dan melakukan evaluasi dan refleksi diri setelah perkuliahan online berlangsung. Terdapat juga penyesuaian dalam strategi belajar mahasiswa dalam menyikapi perkuliahan online di masa pandemi. Awalnya, mahasiswa tidak terlalu terbiasa dengan metode perkuliahan E-Learning, namun seiring waktu, mereka menyesuaikan strategi belajar mereka dengan metode perkuliahan online dan akhirnya mereka mulai terbiasa dengan metode perkuliahan E-learning.

Copyrights © 2022