Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan implementasi PTM penuh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Gambiran Yogyakarta dengan menggunakan model implementasi Edward III, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi telah dilakukan secara intens, jelas, dan konsisten; sumber-sumber meliputi SDM dan sarpras telah mendukung proses implementasi; sikap/kecenderungan telah menunjukkan sikap kejujuran, komitmen, dan demokratis; struktur birokrasi terlihat dari alur koordinasi yang tidak panjang serta SOP yang dibuat dengan cukup jelas dan tidak berbelit; faktor pendukung yang ditemukan adalah adanya SDM yang memadai, sarana-prasarana yang memadai, adanya dukungan resiprositas dari pihak-pihak terkait, dan jumlah siswa yang sedikit; dan faktor penghambat yang ditemukan adalah masih terdapat siswa yang perlu beradaptasi kebiasaan, masih terdapat siswa yang kesulitan akademik, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, dan dinamika penyebaran virus.
Copyrights © 2022