Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program pembinaan atlet SMAN 1 Sewon (2) kinerja sekolah berbasis kelas khusus olahraga (KKO) di SMAN 1 Sewon (3) kendala dan upaya mengatasi permasalahan dalam kinerja sekolah berbasis KKO. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, bendahara, koordinator KKO, guru KKO, pelatih, dan peserta didik KKO. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles Huberman and Saldana. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi (sumber teknik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program pembinaan atlet dilakukan oleh sekolah, dinas DIKPORA dan FIK UNY (2) kinerja sekolah berbasis KKO di SMAN 1 Sewon diukur berdasarkan 3 indikator (input, proses dan output) (3) kendala berjalannya program KKO diantaranya konsentrasi belajar dan manajemen waktu peserta didik diatasi dengan motivasi dan dispensasi. Mis koordinasi pelatih dengan guru mata pelajaran diupayakan dengan pembagian peran saat perlombaan. Kendala sarana prasarana diatasi dengan sewa dan memanfaatkan sarana pengurus kabupaten. Kendala kesejahteraan pelatih diupayakan dengan pemberian motivasi dan pembinaan pada pelatih.
Copyrights © 2022