Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan

Implementasi Program Sistem Kredit Semester di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul

Fauzie Adhi Pratama (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang, proses pembelajaran, implementasi, serta faktor yang mempengaruhi implementasi program sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas siswa, guru, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data  diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Latar belakang pelaksanaan program SKS berdasarkan prinsip bahwa setiap individu mempunyai kemampuan berbeda, upaya meminimalisir dampak negatif zonasi, dan wujud komitmen sekolah untuk berinovasi. Proses pembelajaran disesuaikan dengan prinsip pembelajaran yang diatur pemerintah. Implementasi program SKS di SMA Negeri 1 Bantul didukung oleh komunikasi dilakukan oleh sekolah kepada guru dan orangtua terkait pemahaman mengenai sistem kredit semester, sumberdaya didukung peningkatan SDM melalui bimtek dan adanya pendanaan oleh komite sekolah, guru mempunyai komitmen yang memadai, struktur birokrasi telah dibentuk tim pengelola.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...