Journal of Basic Education Research
Vol 3 No 2 (2022): Mei

Hubungan Karakter Toleransi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Putri Sakila Amelia Anwar Anwar (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran IPS dapat menjadi pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dan untuk mengetahui hasil belajar terhadap karakter toleransi pada pembelajaran IPS kelas V di Sekolah Dasar Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah studi kasus yang tujuan menguji masalah penelitian yang tidak terpisah dari fenomena dan konteks yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah pendidik yang diamati dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 60/I Muara Bulian berjumlah 12 peserta didik yang diperoleh dari teknik random sampling. Instrument pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk hasil data kajian naratif terhadap penelitian yang ditemui Temuan Utama: Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis karakter toleransi di sekolah dasar memiliki kelebihan dan meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik. Oleh sebab itu, pembelajaran berbasis karakter toleransi ini mampu memberikan pengaruh positif dalam kehidupan sehari-hari peserta didik baik berupa ucapan dan perbuatan. Keterbaruan Penelitian: penelitian ini mengenai hubungan karakter toleransi terhadap proses pembelajaran muatan IPS di sekolah dasar. Sedangkan penelitian sebelumnya melakukan penelitian dengan meneliti peningkatan keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis literasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBER

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education ...