Journal of Basic Education Research
Vol 3 No 2 (2022): Mei

Pembelajaran Agama Berbasis Cerita Nabi Nuh As: Hubungan Karakter Gemar Membaca dan Karakter Rasa Ingin Tahu pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Qonita Luthfiah (Unknown)
Fatimah Fatimah (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan Penelitian: untuk mengetahui bagaimana hubungan karakter gemar membaca dan karakter rasa ingin tahu dari penerapan pembelajaran agama berbasis cerita nabi Nuh as. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian Asosiatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 orang. Analisis data menggunakan statistik desktriptif inferensial, yaitu menganalisis data dengan mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan. Temuan Utama: Hasil penelitian ini adalah dari dua karakter yaitu karakter gemar membaca dan karakter rasa ingin tahu. Pada penelitian hasil sangat baik pada karakter gemar membaca, sedangkan untuk karakter rasa ingin tahu berkategori cukup, dari hal tersebut terlihat terdapat perbedaan diantara kedua karakter, yaitu peduli sosial dan peduli lingkungan, bahwa korelasi antara kedua karakter gemar membaca dan karakter rasa ingin tahu adalah 0,720 hubungan kedua indikator tersebut kuat, dengan nilai sig adalah 0,000 kecil dari 0,005, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan anatar karakter karakter gemar membaca dan karakter rasa ingin tahu dengan nilai-R 0,720 dan positif. Jika nilai sig < 0,05 maka terdapat hubungan antara dua variabel. Keterbaruan Penelitian: Keterbaharuan penelitian ini adalah meneliti hubungan karakter gemar membaca dan karakter rasa ingin tahu berbasis cerita nabi nuh as. Sedangkan penelitian sebelumnya Pengembangan Model Penanaman Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Cerita Melalui Komik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBER

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education ...