Parfum memiliki peranan penting pada kehidupan manusia, sebab bisa memberikan kesenangan hidup (joys of live), mempengaruhi kejiwaan serta syarat dan mewangikan bahan yang tak berbau wangi. Quality Parfume adalah sebuah toko yang menjual berbagai jenis aroma parfum. Saat ini proses penjualan dilakukan masih dengan cara manual seperti konsumen datang langsung ke toko untuk melihat dan mencoba berbagai jenis koleksi aroma yang tersedia dan selanjutnya melakukan transaksi tunai. Toko Quality Parfume merupakan toko parfum yang memiliki perkembangan yang cukup pesat dan memiliki beberapa cabang di beberapa daerah. Sehingga hal ini menguatkan pemilik untuk menentukan kelayakan lokasi pengembangan pada toko quality parfume. Disamping itu apakah lokasi tersebut memperoleh cakupan pemasaran yang baik dan menarik keuntungan yang besar juga menjadi alasan pemilik Quality Parfume untuk menentukan kelayakan lokasi toko. Maka dari itu solusi pada permsalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistemm Pendukung Keputusan dengan menggunakan Metode ARAS. Dimana diketahui metode ARAS melakukan perangkingan dengan membandingkan nilai setiap kriteria pada setiap alternatif dengan mengecek bobot masing-masing kriteria untuk memperoleh alternatif yang ideal. Hasil dari penelitian ini merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Penerapan Metode ARAS untuk menentukan kelayakan lokasi pengembangan usaha Toko Quality Parfume dengan efektif dan efisien.
Copyrights © 2022