Jurnal Pembelajaran Sastra
Vol 2 No 01 (2020): Jurnal Pembelajaran Sastra

Pembelajaran Menulis Syair Bertema Alam Lingkungan Sekolah pada Kelas VII SMP Negeri 3 Malang




Article Info

Publish Date
29 Nov 2020

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) tidak terlepas dari sastra. Pembelajaran menulis syair merupakan materi pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Malang pada kelas VII semester genap. Pembelajaran menulis syair di SMP Negeri 3 Malang menjadi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap pembelajaran menulis syair bertema lingkungan alam sekolah pada kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini berupa hasil wawancara dengan guru dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menulis syair. Subjek yang diteliti yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Data penelitian berupa hasil wawancara dengan guru dan hasil menulis syair peserta didik. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, studi dokumenter, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tahap Persiapan Pembelajaran Menulis Syair Bertema Alam Lingkungan Sekolah pada Kelas VII SMP Negeri 3 Malang berisikan tahap persiapan, tahap inti, dan tahap penutup, (2) Tahap Penutup Pembelajaran Menulis Syair Bertema Alam Lingkungan Sekolah Pada Kelas VII SMP Negeri 3 Malang berisikan evaluasi dan penugasan di rumah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hiskimalang

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sastra (Journal of Literary Education) accepts submissions of original articles that have not been published elsewhere nor being considered or processed for publication anywhere, and demonstrate no plagiarism whatsoever. The prerequisites, standards, and format of the manuscript ...