Jurnal Pembelajaran Sastra
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Sastra

Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Fantasi Melalui Strategi Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) pada Siswa Kelas VII MTs Salafiyah Siman Sekaran Lamongan Tahun Ajaran 2019/2020




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTs Salafiyah Siman Sekaran Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Salafiyah Siman Sekaran Lamongan. Data dalam penelitian ini berupa kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII MTs Salafiyah Siman Sekaran Lamongan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes menulis. Siswa diberi kebebasan untuk menulis cerita fantasi sesuai dengan kreativitas masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa siswa yang mencapai ketuntasan pada prasiklus sebanyak 6 siswa (40%), siklus 1 sebanyak 11 siswa (55%), dan siklus 2 sebanyak 19 siswa (82%).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hiskimalang

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sastra (Journal of Literary Education) accepts submissions of original articles that have not been published elsewhere nor being considered or processed for publication anywhere, and demonstrate no plagiarism whatsoever. The prerequisites, standards, and format of the manuscript ...