Jurnal Teknologi dan Komputer (JTEK)
Vol 1 No 02 (2022): Juni

Rancang Bangun Aplikasi Pemanggil Nomor Antrian Loket Pelayanan Bank Dan Akademik Universitas Islam Makassar

Hammada Abbas (Universitas Islam Makassar)
Sajiah Sajiah (Universitas Islam Makassar)
Andy Reza Aresky (Universitas Islam Makassar)
A Bhayangkara (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Loket pelayanan bank dan akademik Universitas Islam Makassar masih menggunakan antrian konvensional, dimana proses pemanggilan harus menunggu instruksi langsung dari karyawan yang membuat pelayanan menjadi lambat sehingga mengakibatkan waktu banyak terbuang serta pelayanan tidak optimal. Tujuan penelitian merancang aplikasi pemanggil nomor antrian sesuai urutan kedatangan, guna mempermudah proses pelayanan administrasi keuangan dan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yaitu mengamati sistem pelayanan administrasi yang berjalan, membuat desain aplikasi antrian dengan menerapkan fungsi pemanggilan kedalam coding program. Metode pengujian yang digunakan adalah black-box testing dimana pengujiannya berfokus pada fungsi tampilan dan input/output tanpa mengetahui struktur kode atau program. Hasil pengujian aplikasi antrian dimulai dengan mahasiswa memilih salah satu dari jenis layanan yaitu bank dan akademik. Selanjutnya petugas login ke aplikasi untuk menginput data loket yaitu nama petugas,loket pelayanan bank atau akademik dan nomor loket yang dituju, kemudian petugas mengklik tombol panggilan berikutnya, otomatis aplikasi akan memanggil antrian dengan pengeras suara. Kesimpulannya, sistem cetak nomor dan pemanggilan antrian dengan pengeras suara dapat bekerja dengan baik dan diimplementasikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Ruang lingkup penelitian yang berhubungan dengan teknik informatika, komputer, sistem informasi : 1. Rekayasa perangkat lunak 2. Keamanan informasi 3. Sistem pakar 4. Aplikasi android 5. Sistem informasi berbasis web 6. Robotika 7. Big Data 8. Kecerdasan Buatan 9. IOT (Internet of Things) 10. ...