Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 1 No. 6: Februari 2022

ANALISIS CUSTOMER SATISFACTION INDEX TERHADAP KINERJA J&T EXSPRESS MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) STUDI KASUS J&T EXSPRESS BANJAR

Suseno (Program Studi Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta)
Ilman Adi Permana (Program Studi Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini sangat berkembang semakin meningkat sebanding dengan meningkatnya permintaan masyarakat Indonesia jerhadap jasa pengiriman dalam memenuhi kebutuhan. Adanya jasa pengiriman barang banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online dalam merambah pasar di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan serta atribut dimensi kualitas kinerja yang dianggap penting dalam layanan jasa J&T Exspress cabang Banjar Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah Servqual dan Importance Performance Analysis ( IPA). Pengumpulan data menggunakan data primer dan kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pelanggan antara kinerja dan harapan dilihat dari dimensi Tangibility (Faktor fisik),Reliability (Keandalan), Responsivenes (Daya tanggap) , Assurance (Jaminan), Emphaty (Perhatian), dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...