Jurnal Manajemen Perhotelan
Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019

PENGARUH ATRIBUT HOTEL BUTIK TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DI SURABAYA

Stephanie Hanjaya (Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia)
Michael David Pranata (Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia)
Fransisca Andreani (Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2019

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengamati pengaruh dari atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Responden adalah 115 konsumen yang pernah menginap di hotel butik (Hotel Majapahit, Artotel, dan Town Square Hotel) di Surabaya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan dianalisa menggunakan metode PLS. Penelitian menunjukkan bahwa atribut hotel butik berpengaruh positif signifikan, baik terhadap kepuasan konsumen maupun minat menginap kembali. Meski demikian, kepuasan konsumen sebagai variabel perantara justru memiliki pengaruh kecil pada hubungan antara atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen bukan hal utama tetapi atribut hotel butik adalah hal terpenting yang menyebabkan konsumen mengunjungi hotel kembali

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hot

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Manajemen Perhotelan is published biannually, in March and September, by Petra Christian University. Jurnal Manajemen Perhotelan aims to: Promote a comprehensive approach to hotel management incorporating viewpoints of different disciplines, Strengthen academic exchange with other ...