cover
Contact Name
Endo Wijaya Kartika
Contact Email
puslit@petra.ac.id
Phone
+62312983147
Journal Mail Official
puslit@petra.ac.id
Editorial Address
Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perhotelan
ISSN : 02166283     EISSN : 26859408     DOI : https://doi.org/10.9744/jmp
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Perhotelan is published biannually, in March and September, by Petra Christian University. Jurnal Manajemen Perhotelan aims to: Promote a comprehensive approach to hotel management incorporating viewpoints of different disciplines, Strengthen academic exchange with other institutions, Encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities. Jurnal Manajemen Perhotelan welcomes papers with the above aims and scopes. The editorial board decides papers to be published in Jurnal Manajemen Perhotelan after review by reviewers appointed by the board. Authors will be advised of comments from reviewer and suggestions.
Articles 72 Documents
ANALISA IMPLEMENTASI FOOD WASTE MANAGEMENT DI RESTORAN ‘X’ SURABAYA Hanjaya Siaputra; Nadya Christianti; Grace Amanda
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.882 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.1-8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah food waste serta tahap operasional restoran yang berkontribusi paling besar dalam menghasilkan food waste. Hal ini dikarenakan melihat adanya fakta bahwa food waste dapat ditemui dimana saja dan telah menjadi masalah yang tidak dapat dihindari oleh penyedia food service. Dalam penelitian ini, objek yang digunakan peneliti adalah Restoran ‘X’ di Surabaya dengan tipe family style restaurant. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian membuktikan bahwa food waste Restoran ‘X’ melampaui batas normal ((41%), yaitu sebesar 48,77%. Tahap yang memberikan kontribusi terbesar terhadap food waste Restoran “X” adalah tahap receiving, storing, dan production
ATRIBUT-ATRIBUT YANG DINILAI PENTING OLEH WISATAWAN DOMESTIK DAN WISATAWAN CINA DALAM MEMILIH HOTEL DI BALI Alexandra Carina Saksana; Sienny Thio
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.604 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.9-17

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang dinilai penting oleh wisatawan domestik maupun wisatawan Cina dalam memilih hotel di Bali. Sebanyak 598 kuesioner dikumpulkan dan hanya 565 kuesioner diolah lebih lanjut dengan menggunakan analisa statistik deskriptif. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa atribut kamar seperti kamar dan kamar mandi yang bersih serta ketersediaan amenities merupakan atribut yang dianggap paling penting bagi wisatawan Indonesia dan wisatawan Cina, diikuti dengan atribut keseluruhan (seperti reputasi, lokasi dan harga kamar), atribut layanan dan fasilitas (seperti ketersediaan wifi, staf hotel yang sopan dan ramah) dan atribut makanan dan minuman (seperti kualitas makanan yang baik dan harga makanan yang terjangkau). Bagi wisatawan Cina, lokasi hotel yang aman dan kamar hotel yang bersih menjadi indikator yang dianggap paling penting ketika memilih hotel di Bali. Sedangkan bagi wisatawan Indonesia, kebersihan kamar hotel dan kamar mandi dianggap sebagai aspek yang paling penting
PENGARUH ATRIBUT HOTEL BUTIK TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DI SURABAYA Stephanie Hanjaya; Michael David Pranata; Fransisca Andreani
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.611 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.18-25

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengamati pengaruh dari atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Responden adalah 115 konsumen yang pernah menginap di hotel butik (Hotel Majapahit, Artotel, dan Town Square Hotel) di Surabaya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan dianalisa menggunakan metode PLS. Penelitian menunjukkan bahwa atribut hotel butik berpengaruh positif signifikan, baik terhadap kepuasan konsumen maupun minat menginap kembali. Meski demikian, kepuasan konsumen sebagai variabel perantara justru memiliki pengaruh kecil pada hubungan antara atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen bukan hal utama tetapi atribut hotel butik adalah hal terpenting yang menyebabkan konsumen mengunjungi hotel kembali
PENGARUH e-WOM TERHADAP BRAND IMAGE DAN PURCHASE INTENTION PADA HOTEL BINTANG TIGA DI BALI Lourino Valentino Pentury; Monica Sugianto; Marcus Remiasa
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.645 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.26-35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur atau melihat pengaruh dari e-WOM dalam Online Review pada OTA terhadap brand image dan purchase intention pada hotel bintang tiga di Bali. Penulis melakukan survei dengan jumlah responden sebesar 213 responden dengan kriteria yang sudah ditetapkan menggunakan metode analisa SEM-PLS. Temuan menunjukan bahwa e-WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image hotel bintang tiga di Bali. Brand image berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Purchase intention hotel bintang tiga di Bali. Dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase intention hotel bintang tiga di Bali.
PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI MELALUI KESADARAN MEREK HOTEL DI INSTAGRAM Nadya Valentina Sampurno; Christy Pratiwi Ciakrawinata; Regina Jokom
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.281 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.36-44

Abstract

Penggunaan selebriti endorser di Instagram sebagai alat pemasaran hotel menjadi semakin populer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik selebriti endorser di Instagram terhadap minat beli melalui kesadaran merek hotel. Penelitian ini melibatkan sebanyak 304 pengikut dari tiga selebriti endorser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik selebriti endorser memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kesadaran merek. Akan tetapi, pengaruh langsung dari karakteristik selebriti endorser terhadap minat beli lebih besar dibandingkan jika harus melalui kesadaran merek terlebih dahulu
PERBEDAAN GAYA HIDUP SEHAT DAN SIKAP TERHADAP MAKANAN ORGANIK DARI GENERASI BABY BOOMERS, X, DAN Y DI SURABAYA Surya Nika Suharjo; Agung Harianto
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 1 (2019): MARCH 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.645 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.1.45-58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan gaya hidup sehat dan sikap terhadap makanan organik diantara generasi Baby Boomers, X, dan Y. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dinilai menggunakan 5 point skala likert. Teknik analisa yang digunakan adalah uji ANOVA dan uji Post Hoc dengan jumlah sampel sebanyak 224 responden. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara generasi Baby Boomers, X, dan Y pada variabel gaya hidup sehat, sedangkan pada variabel sikap terhadap makanan organik hanya generasi Baby Boomers dan generasi Y yang memiliki perbedaan
ANALISA PENGARUH ULASAN ONLINE SURABAYA PATATA TERHADAP PERCEIVED e-WOM CREDIBILITY Evania Devita Genial; Tasia Oktaviani; Adriana Aprilia
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.53 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.2.59-70

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor penentu informasi dan normatif ulasan online Surabaya Patata, yaitu argument strength, recommendation framing, recommendation sidedness, source credibility, confirmation of prior belief, dan recommendation consistency terhadap perceived eWOM credibility. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Pengumpulan data didapat dari kuesioner yang disebarkan kepada 176 pembaca ulasan online Surabaya Patata. Hasil penelitian menunjukkan recommen­dation sidedness dan source credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived eWOM credibility, serta source credibility memiliki pengaruh paling dominan.
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI HOTEL DAN PENGARUHNYA TERHADAP CITRA MEREK DAN KESETIAAN PELANGGAN Astrid Livia; Gladys Gladys; Serli Wijaya
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.841 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.2.71-81

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, tuntutan bahwa kehadiran entitas bisnis tidak hanya untuk mengejar keuntungan semata namun harus dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat lokal menjadi semakin tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa apakah CSR yang dilakukan sebuah hotel berpengaruh terhadap citra merek dan kesetiaan pelanggannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan melaksanakan survei lapangan berbasis kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden yang pernah menginap di salah satu dari properti Pop! Hotels di Indonesia. Menggunakan teknik analisa statistik Partial Least Square (PLS), hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan kesetiaan pelanggan. Selain itu, citra pelanggan terhadap merek hotel terbukti menjadi  mediator bagi pengaruh tidak langsung CSR terhadap kesetiaan pelanggan
PENGARUH PROGRAM DIRECT MARKETING TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA FUNCTION ROOM DI HARRIS HOTEL SENTUL CITY BOGOR Nungky Puspita
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.351 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.2.82-93

Abstract

Direct marketing merupakan cara yang efetif untuk menjangkau pelanggan dengan tepat sasaran dan dapat diukur serta dapat membantu mempertahankan pelanggan. Program direct marketing dilakukan oleh sales and marketing department HARRIS Hotel Sentul City Bogor yang memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan produk yang dimilikinya seperti meningkatkan penjualan function room dengan mempromosikan kepada sasaran pasar. Direct marketing selain dapat menjual function room juga dapat menjalin dan membina hubungan dengan tamu atau biasa disebut customer relationship management. Customer Relationship Management merupakan konsep yang berfokus pada pemeliharaan hubungan dengan pelanggan untuk membangun hubungan jangka panjang dan menguntungkan dengan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh program direct marketing terhadap customer relationship management dalam meningkatkan penjualan function room di HARRIS Hotel Sentul City Bogor. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Kuesioner disebarkan secara langsung dengan 100 responden yang memenuhi syarat penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan secara kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas serta teknik regresi linear berganda mealui uji koefisien determinan (R2), Uji secara F, Uji T regresi berganda. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel telemarketing, direct mail, kiosk marketing dan the on-line customer berpengaruh signifikan terhadap customer relationship management sedangkan variabel direct selling, dan catalog marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap customer relationship management
KOMPARASI PERSEPSI KEPUASAN TAMU SECARA LISAN DAN TERTULIS KETIKA MENGINAP DI HOTEL BINTANG EMPAT Dian Tiur Ulina Pakpahan; A.H.G Kusumah; Rosita Rosita
Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 5 No. 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.875 KB) | DOI: 10.9744/jmp.5.2.94-101

Abstract

Kepuasan akan terjadi ketika harapan yang terbentuk sesuai dan/atau melebihi kenyataan yang diterima. Begitu pun sebaliknya, ketika harapan yang terbentuk tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima akan menimbulkan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan kepuasan dan ketidakpuasan tamu secara tertulis dan lisan pada hotel bintang empat di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa ulasan online dan data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber. Dalam penelitian ini, ulasan online yang terkumpul berasal dari situs TripAdvisor dan Google Review dengan jumlah 104 ulasan dari lima hotel bintang empat yang ada di Bandar Lampung. Sedangkan narasumber terdiri dari 14 orang dengan kriteria sudah pernah menginap minimal di salah satu hotel bintang empat di Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kepuasan dan ketidakpuasan tamu jika disampaikan secara tertulis dan lisan. Elemen yang bisa memberikan kepuasan dan ketidakpuasan untuk tamu lebih banyak ditemukan saat disampaikan secara lisan. Ketika menyampaikan melalui tulisan, tamu cenderung menyampaikannya secara singkat, tetapi ketika menyam­paikan kepuasan dan ketidakpuasannya secara lisan, tamu dirasa lebih detail menyampaikan keseluruhan pengalamannya. Namun, ketika menyampaikan secara lisan, tamu cenderung lebih sering menyampaikan kepuasan dibandingkan ketidakpuasan. Untuk itu, diharapkan untuk pihak manajemen hotel bintang empat di Bandar Lampung agar secara berkala melakukan survei secara langsung kepada tamu yang sedang menginap untuk mengetahui kepuasan dan ketidakpuasan yang dirasakan sehingga bisa mempertahankan elemen yang sudah baik dan memperbaiki elemen yang dianggap masih kurang