JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 2: Maret 2022

PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA BERBASIS LINGKUNGAN

Teguh Prasetyo (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Bogor)
Megan Asri Humaira (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Bogor)
Novi Maryani (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Studi ini mengeksplorasi persepsi guru tentang pembelajaran Bahasa Sunda sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal (mulok) di sekolah dasar selama pandemic covid-19. Data dikumpulkan melalui angket online (google form) dan wawancara semi terstruktur dengan responden guru Bahasa Sunda dan guru kelas di Jawa Barat. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Ditemukan tiga tema utama yaitu outdoor learning design, komunikasi, dan emosi positif. Studi ini menunjukkan pembelajaran Bahasa Sunda yang dilakukan berbasis lingkungan oleh responden dapat dilakukan baik pada pembelajaran secara daring maupun luring, sehingga dapat meminimalisir dampak covid-19 di bidang pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...