Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 2: Desember 2021

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN KSPPS KOTA PADANG (Studi Pada KSPPS Kelurahan Lubuk Begalung Kota Padang Sumatera Barat)

Dwila Maresti (Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Kota Padang (Studi Pada KSPPS Kelurahan Lubuk Begalung Kota Padang Sumatera Barat). Penelitian telah dilakukan dengan mengambil 100 sampel KSPPS di wilayah Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Data selanjutnya diproses menggunakan SPSS ver 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja, kemampuan/skill dan lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan KSPPS diketahui t hitung lebih besar dari t table (4,411 > 1,660)atau dengan tingkat probabilitas(0,000 < 0,05) berarti Modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan KSPPS. Nilai R Square sebesar 0,792 yang berarti pengaruh modal kerja, kemampuan/skill, dan lokasi terhadap keberhasilan KSPPS adalah 79,2% sedangkan sisanya 20,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi ini mencerminkan hubungan yang kuat antara faktor-faktor yang di teliti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...