Proceedings of The ICECRS
Vol 2 No 1 (2019): Literacy based Character and Professionalism Enhancement for Educators in Facing

Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar

Ida Rindaningsih (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Wiwik Dwi Hastuti (Universitas Negeri Malang)
Yulian Findawati (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Kemajuan teknologi abad 21 menuntut pendidik untuk segera beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. Dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan percepatan kemajuan teknologi dan menghubungkan pembelajaran didalam dan diluar kelas. Flipped Classroom melibatkan pergeseran energi dari instruktur menuju keaktifan siswa dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain lingkungan belajar berbasis Flipped classroom. Desain ini memberikan gambaran alur pembelajaran yang sistematis berdasarkan pada kajian flipped classroom dan lingkungan belajar yang telah dibangun oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini merupakan literature review dan telah melalui proses perancangan dan validasi para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain lingkungan belajar berbasis flipped classroom terbukti layak, valid, dan praktis untuk diterapkan di sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

icecrs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

ICECRS (International Consortium of Education and Culture Research Studies) is a peer-reviewed international journal. This statement clarifies ethical behaviour of all parties involved in the act of publishing an article in this journal, including the author, the chief editor, the Editorial Board, ...