Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 3 (2015)

Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao.

Merylin Lasarus (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran ditinjau dari gaya belajarnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran berdasarkan gaya belajar. instrumen penelitian yang digunakan (1) tes pengelompokan gaya belajar, (2) tes diagnostik, dan (3) pedoman wawancara. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 1 Rantepao. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Penentuan kelas penelitian ini didasari pada pertimbangan: siswa kelas VIII telah mempelajari materi lingkaran, sehingga diasumsikan telah memiliki pengetahuan yang memadai tentang materi lingkaran. Banyaknya subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa yang paling mendominasi dalam gaya belajar tersebut yaitu: 1 subjek kelompok gaya belajar visual, 1 subjek kelompok gaya belajar autorial, dan 1 subjek kelompok gaya belajar kinestetik. Tahap-tahap dalam proses penelitian ini: (a) tes pengelompokan gaya belajar terdiri dari 36 soal yang terdiri dari 12 item pertanyaan untuk mengetahui modalitas visual, 12 item pertanyaan untuk mengetahui modalitas auditoril, dan 12 item pertanyaan untuk mengetahui modalitas kinestetik. (b) Tes diagnostik digunakan untuk mengetahui letak dan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Tes diagnostic berbentuk tes uraian yang dikembangkan sendiri oleh penulis yang mengacu pada standar kompetensi dasar dan materi lingkaran pada siswa SMP kelas VIII. (c) Setelah dilakukan tes diagnostik selanjutnya dilakukan wawancara untuk mencari letak dan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Adapun pelaksanaan wawancara sifatnya semi terstruktur atau terbuka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) subjek pertama (S1) bergaya belajar auditorial jenis kesalahan yang sering terjadi kesalahan teknis, kesalahan menggunakan data dan kesalahan penarikan kesimpulan (2) subjek kedua (S2) bergaya belajar visual jenis kesalahan yang terjadi pada umumnya masuk pada lima kategori jenis kesalahan yaitu kesalahan konsep, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, kesalahan menggunakan data dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan (3) subjek ketiga (S3) bergaya belajar kinestetik melakukan kesalahan teknis dan menggunakan data. Hasil pengamatan peneliti dilapangan dari ketiga subjek penelitian tersebut, subjek yang paling banyak melakukan kesalahan dari keempat tes diagnostik yang digunakan peneliti adalah subjek yang bergaya belajar visual. Kemudian, jenis kesalahan yang paling banyak terjadi dari ketiga subjek kesalahan kesalahan yang paling sering terjadi pada subjek penelitian adalah kesalahn teknis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational ...