Pattimura Proceeding : Conference of Science and Technology
2021: Prosiding KNM XX

TERAPAN FUNGSI SIGMOID UNTUK MENENTUKAN NILAI MAKSIMAL KOEFISIEN GAYA ANGKAT DAN SUDUT STALL PADA KURVA LINEAR CL TERHADAP α

Angga Septiyana (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)
Singgih Satrio W (Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Aeronautika, Politeknik Negeri Bandung , Indonesia)
Fuad Surastyo P (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)
Try Kusuma Wardana (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)
Ardian Rizaldi (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)
Novita Atmasari (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)
Eries Bagita Jayanti (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)
Prasetyo Ardi P (Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Karya tulis ilmiah ini membahas tentang terapan fungsi sigmoid untuk menentukan nilai maksimal gaya angkat dan sudut stall pada pesawat berdasarkan hasil simulasi dengan menggunakan perangkat lunak XFLR5.Nilai maksimal gaya angkat dan sudut stall pada sebuahpesawatmerupakankomponenyangharusdiketahuiagarpesawattidakmengalamistall. Dimana pada saat pesawat sudah mencapai sudut stall pesawat akan kehilangan gaya angkat dan menyebabkan pesawat jatuh. Perangkat lunak XFLR5 digunakan untuk mensimulasikan sertauntukmendapatkankurvakoefisiengayaangkat CLterhadapsudutserang α. Hasilsimulasi dengan menggunakan perangkat lunak XFLR5 menunjukkan grafik CL terhadap α bersifat linear yang artinya tidak dapat diketahui dimana koefisien gaya angkat maksimal dan sudut serang dimana pesawat mengalami stall. Hasil penelitian ini fungsi sigmoid ini dapat diterapkan untuk menentukan nilai maksimal koefisien gaya angkat dan sudut stall dari pesawat. Penelitian yang dilakukan dengan memilih nilai transition rate M sebesar 0.8 diperoleh hasilnilai koefisien gaya angkat maksimal 1.2648 dan sudut stall sebesar 13◦

Copyrights © 2022