Kronologi
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Kronologi

KEHIDUPAN SOSIAL- EKONOMI MASYARAKAT TRANSMIGRAN ETNIS JAWA DI NAGARI SUNGAI KUNYIT BARAT KABUPATEN SOLOK SELATAN (1986-2020)

Putra Delyarahman (Universitas Negeri Padang)
Najmi Najmi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kehidupan sosial ekonomi masyarakat transmigran etnis Jawa di Nagari Sungai Kunyit Barat Kabupaten Solok Selatan dari awal penempatan transmigran pada tahun 1986 hingga tahun 2020. Penelitian ini penting karenamasyarakat transmigran Jawa di Sungai Kunyit Barat mengalami berbagai perkembangan secara sosial maupun ekonomi. Hal ini tidak terlepas dari strategi adaptasi sosial ‘mangaku Induak’ yang dilakukan oleh masyarakat transmigran dan juga keinginan untuk meningkatkan taraf hidup yang membuat masyarakat transmigran yang berada di Sungai Kunyit Barat mengalami perkembangan dari segi kehidupan sosial dan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah yang mencakup empat tahapan, heuristik, kritik sumber, interprestasi dan terakhir historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahun 1986 hingga tahun 2020 masyarakat transmigran etnis Jawa yang berada di Sungai Kunyit Barat mampu melewati berbagai tantangan yang ada didaerah trans. Mulai dari tantangan adaptasi sosial, hingga tantangan perekonomian yang dinamis. Perkembangan kehidupan sosial ekonomi masyarakat transmigran terlihat juga dengan semakin tingginya tingkat pendidikan masyarakat Sungai Kunyit Barat, dan semakin membaiknya fasilitas dan akses jalan di daerah tersebut. Hal ini berdampak terhadap daerah Sungai Kunyit Barat menjadi salah satu daerah berpotensi di Solok Selatan lewat sektor perkebunan dan peternakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan ...