Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan dan lautan sehingga untuk memenuhi kebutuhan Negara Indonesia membutuhkan moda transportasi. Transportasi tersebut berfungsi untuk pembangunan sektor penunjang serta pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tempat bongkar muat muatan untuk penumpang atau barang yang akan dikirimkan dari tempat asal (origin) ke tempat tujuan (destination). Inaportnet adalah portal elektronik terbuka, netral yang diguna untuk memfasilitasi pertukaran informasi serta data layanan kepada pelabuhanan secara aman, cepat, netral serta mudah yang terintegrasi dengan instansi-instansi pemerintah terkait dengan badan usaha kepelabuhanan serta pelaku dari logistik untuk meningkatkan daya saing dari komunitas logistikyang ada di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui system inaportnet untuk pelayanan keagenan kapal ; (2) untuk mengetahui kenadala apa saja yang menghambat proses pelayanan keagenan kapal; (3) untuk mengetahui solusi apa saja dalam menghindari proses keterlambatan pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di PT Karisma Indah Lestari dan PT Pualam Emas Sejahtera. Teknik Pengumpulan dalam data penelitian ini digunakan observasi, wawancara langsung, dokumentasi dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: Penggunaan system inaportnet telah dilaksanakan sejak tahun 2017 oleh PT Karisma Indah Lestari dan PT Pualam Emas Sejahtera.; meskipun sistem inaportnet sudah dilaksanakan, namun masih terdapat kendala yaitu seringnya terjadi trouble dengan jaringan internet berdampak keterlambatan dalam pengiriman dokumen, serta solusi untuk kendala atau permasalahan yang telah dihadapi adalah dengan melakukan input data dan pengurusan secara manual dengan datang langsung pada perusahaan yang terkait pengurusan dokumen
Copyrights © 2020